Halaman

Gerak Tumbuhan


Gerak tumbuhan dipengaruhi oleh rangsang. Berdasarkan macam rangsang, gerak tumbuhan dikelompokkan menjadi gerak autonom (endonom), gerak esionom, dan gerak higroskopis.
1.         Gerak autonom (gerak endonom) adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsang yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri. Contoh gerak autonom sebagai berikut.
a.     Gerak aliran sitoplasma dalam sel.
b.    Gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh.

2.        Gerak esionom adalah gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang dari luar tubuh tumbuhan. Ada tiga macam gerak esionom.
a.     Tropi/tropisme adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh datangnya rangsang. Gerak tubuh tumbuhan yang mendekati arah datangnya rangsang disebut tropisme positif. Gerak bagian tumbuhan yang menjauhi arah rangsang disebut tropisme negatif. Berdasarkan macam rangsang, ada lima macam gerak tropi.
1)     Fototropi (rangsang berupa cahaya), misal arah batang yang selalu menuju datangnya sinar.



 contoh gerak fototropi

2)    Geotropi (raangsang berupa gaya tarik bumi), misal gerak ujung akar menuju ke pusat bumi dan gerak batang menjauhi pusat bumi.













3)    Hidrotropi (rangsang berupa air), misal gerak ujung akar selalu menuju tempat yang berair.












4)    Tigmotropi (rangsang berupa singgungan atau sentuhan), misal membeloknya atau membelitnya ujung batang atau sulur pada kacang panjang.










5)    Kemotropi (rangsang berupa zat kimia), misal gerak ujung akar menuju tempat yang mengandung banyak mineral.

b.            Nasti adalahgerak bagian tubuh tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Ada tujuh macam gerak nasti.
1)     Seismonasti atau Tigmonsti (rangsang berupa sentuhan atau getaran) , misal gerak mengatupnya daun putri malu ketika disentuh.











2)    Niktinasti (rangsang berupa suasana gelap), misal gerak mengatupnya daun petai cina pada malam hari)












3)    Termonasti (rangsang berupa panas), misal mekarnya bunga tulip jika suhu udara mengalami kenaikan.








4)    Fotonasti (rangsang berupa cahaya), misal mekarnya bunga pukul empat pada sore hari.









5)    Kemonasti (rangsang berupa zat kimia), misal membukanya  mulut daun pada siang hari karena adanya CO2 .

6)    Hidronasti (rangsang berupa air), misal gerak pelipatan dan penggulungan daun pada keadaan sedikit air.









7)    Nasti kompleks (rangsang lebih dari satu macam), misal gerak membuka menutupnya stomata dipengaruhi oleh cahaya matahari , zat kimia, suhu.


c.     Taksis adalah gerak berpindah tempat sebagian atau seluruh tubuh tumbuhan akibat rangsang dari luar tumbuhan. Ada dua macam gerak taksis.
1)     Fototaksis (rangsang berupa cahaya),  Misal gerak kloroplas ke arah bagian sel yang terkena cahaya.
2)    Kemotaksis (rangsang berupa zat kimia) , misal gerak inti sel sperma menuju ovum di ruang bakal biji. Gerak inti sperma karena pengaruh rangsang zat kimia gula yang dihasilkan ovum.



3.        Gerak higroskopis adalah gerak bagian tumbuhan yang disebabkan oleh perubahan kadar air dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak sama, misal pecahnya kulit buah polong yang sudah kering.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar